cover
Contact Name
diah sudiarti
Contact Email
bbioshell@gmail.com
Phone
+6281236716433
Journal Mail Official
bbioshell@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kyai Mojo No. 101 Kaliwates, Jember 68133
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL BIOSHELL
ISSN : 23014105     EISSN : 26230321     DOI : -
Jurnal Bioshell bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik, memberikan informasi, ide dan pendapat, selain ujian kritis kemajuan penelitian, pengajaran, pembelajaran biologi, Biologi, dan Pembelajaran IPA. Melalui cakupan kebijakan dan pengembangan kurikulum, hasil penelitian terbaru tentang pengajaran, pembelajaran dan penilaian biologi dikedepankan. Jurnal Bioshell menerima dan menerbitkan artikel dalam bentuk penelitian dan kajian (artikel ilmiah) di bidang pendidikan biologi dan pemanfaatan penelitian biologi dalam proses belajar mengajar. Semua artikel diterbitkan dalam bahasa Indonesia dan menjalani proses penilaian sejawat. Ruang lingkup Jurnal Bioshell difokuskan pada penelitian / review pendidikan biologi, Biologi, dan Pembelajaran IPA.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2019): Oktober" : 6 Documents clear
Efektivitas Penggunaan Pupuk Organik Hayati (POH) dan Cedawan Mikoriza Arbuskula (CMA) terhadap Produktivitas Tanaman Terung Hijau (Solanum melongena L.) Rohikim Mahtum; Diah Sudiarti; Imam Bukhori Muslim
JURNAL BIOSHELL Vol 8 No 2 (2019): Oktober
Publisher : Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/bio.v8i2.770

Abstract

ABSTRAKTerung Hijau (Solanum melongena L.) adalah tanaman pangan yang ditanam untuk dimanfaatkan buahnya. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan pola empat perlakuan. Pertama menggunakan POH, kedua POH dan CMA, ketiga kontrol positif, dan keempat kontrol negatif. Setiap perlakuan dilakukan pengulangan sebanayak tiga kali. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data yaitu dengan rata-rata terbaik untuk jumlah buah 0,80 (POH), 1,02 (POH dan CMA), 1,44 (K+), 0,97 (K-), berat basah 48,33 (POH), 58,06 (POH dan CMA), 71,11 (K+), 62,22 (K-), dan berat kering 26,39 (POH), 31,67 (POH dan CMA), 42,78 (K+), 30,56 (K-). Berdasarkan hasil uji statistik untuk jumlah buah 0,154 (α>0,05), berat basah 0,331 (α>0,05), berat kering 0,138 (α>0,05). Dari hasil uji statistik tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian POH dan CMA tidak berpengaruh nyata terhadap produktivitas terung hijau, sehingga pemberian POH dan CMA tidak efektif terhadap produktivitas terung hijau.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality (VR) pada Materi Sistem Peredaran Darah Badrus Sifa’; Haning Hasbiyati; Benny Afandi
JURNAL BIOSHELL Vol 8 No 2 (2019): Oktober
Publisher : Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/bio.v8i2.915

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality bertujuan untuk mengetahui kelayakan media ini dalam pembelajaran. Pengembangan media ini menggunakan langkah pengembangan Research and Development menurut Borg & Gall. Media ini divalidasi kepada ahli media dan ahli materi. Validasi oleh ahli media mendapat nilai dengan persentase 90,91% dan validasi oleh ahli materi mendapatkan nilai dengan persentase 95,24%, yang berarti sangat valid. Uji coba produk dengan sampel sebanyak 14 orang, mendapat skor dengan persentase 86,20% (sangat valid), sedangkan uji coba pemakaian dilakukan dengan sampel sebanyak 18 orang mendapatkan skor dengan persentase sebesar 85,10% (sangat valid). Dari hasil uji coba ini dapat dimaknai bahwa media pembelajaran ini sangat layak dan dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran sebenarnya.
Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Linda Sari Putri; Haning Hasbiyati
JURNAL BIOSHELL Vol 8 No 2 (2019): Oktober
Publisher : Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/bio.v8i2.916

Abstract

Saat ini kemajuan teknologi sangatlah pesat, termasuk kemajuan penggunaan smartphone. Berdasarkan hasil observasi pada mata pelajaran IPA nilai siswa masih banyak yang dibawah KKM terutama pada saat ulangan akhir. Oleh karena itu peneliti memanfaatkan smartphone sebagai media dalam menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan PTK, pengumpulan datanya menggunakan kuantitatif tes hasil belajar kognitif. Subyek penelitian ini sebanyak 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut rata- rata nilai kognitif siswa pada siklus I sebesar 75%. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai kognitif siswa sejumlah 81%, maka terjadi peningkatan sejumlah 6%. Maka penerapan media berbasis smartphone sangat tepat untuk membantu keberhasilan proses pembelajaran
Penggunaan Metode Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Pencemaran Udara di SMPN 02 Sumberbaru Siti Kartinawati; Diah Sudiarti; Umi Nurjanah
JURNAL BIOSHELL Vol 8 No 2 (2019): Oktober
Publisher : Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/bio.v8i2.917

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode blended learning berbasis edmodo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan II siklus. Berdasarkan hasil penelitian, persentase ketuntasan  hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai sebesar 57,14%. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II diperoleh nilai sebesar 85,71%.Dengan demikian terdapat peningkatan nilai ketuntasan hasil belajar pada siklus I dan siklus II. Dari perolehan rata-rata tersebut dapat dinyatakan bahwa kegiatan belajar mengajar menggunakan metode blended learning berbasis edmodo mengalami peningkatan yang cukup baik
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pencemaran Air dan Tanah di SMP Babus Salam Silo Wildani Hafifah; Diah Sudiarti; Umi Nurjanah
JURNAL BIOSHELL Vol 8 No 2 (2019): Oktober
Publisher : Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/bio.v8i2.918

Abstract

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi pencemaran air dan tanah di SMP Babus Salam Silo, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Babus Salam Silo dalam mempelajari pencemaran air dan pencemaran tanah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari 2 siklus. Metode pengumpulan data dengan tes. Berdasarkan hasil penelitian, persentase hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 56,5%, siklus I sebesar 70,1% dan siklus II sebesar 76,2%. Hal tersebut membuktikan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengatasi rasa jenuh dalam kegiatan pembelajaran.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Inquiry dengan Menggunakan Metode Eksperimen pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Kelas X (Putri) Tahun Pelajaran 2016/2017 Suwaibah Al- Islamiyah; Diah Sudiarti
JURNAL BIOSHELL Vol 8 No 2 (2019): Oktober
Publisher : Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/bio.v8i2.919

Abstract

Penelitian merupakan kegiatan utama dari proses pendidikan. Peneliti melakukan penelitian di kelas X (putri) MA Bustanul Ulum Krai-Yosowilangun-Lumajang dengan responden yang diteliti sebanyak 19 siswa Putri. Peneliti melakukan observasi di kelas X (putri) MA Bustanul Ulum Krai-Yosowilangun dan diperoleh data sekitar 75 % menunjukkan nilai siswa ≤70. Prosedur yang digunakan adalah model siklus berdasarkan hasil penelitian, persentase hasil belajar pada siklus I mencapai 38,131 dan siklus II mencapai hingga 44,605 sedangkan untuk melihat persentase hasil belajar siklus I mencapai 68,421% dan siklus II mencapai 94,736%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6